Sabtu, 19 Maret 2011

Pengaruh Suhu Muka Laut Terhadap Curah Hujan

Laut sangat berpengaruh dalam kehidupan kita manusia. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena kita hidup di planet Bumi yang 80% wilayahnya berupa air, air laut memiliki volume lebih dari 97 % dari jumlah volume air di seluruh dunia yaitu sekitar 1,4 miliyar km3. Oleh karena itu peningkatan suhu permukaan laut mempengaruhi banyak hal, salah satunya adalah  curah hujan. Lalu muncul pertanyaan dibenak kita mengapa curah hujan dapat terpengaruhi oleh suhu permukaan laut? Berikut adalah alasan mengapa suhu permukaan laut berpengaruh pada curah hujan.           

Suhu Permukaan Laut   

Banyak orang berpikiran bahwa suhu permukaan laut itu dingin karena disaat kita pergi ke laut dan menyentuh air laut kita merasa dingin seperi air biasa,namun tahukah anda bahwa suhu permukaan laut mengalami peningkatan akhir – akhir ini? Mungkin bila kita berfikir mana mungkin itu dapat terjadi mengingat jumlah volume air laut yang sangat besar bisa mengalami perubahan yang begitu cepat . Banyak faktor yang mempengaruhi namun yang paling utama adalah isu yang sering dibicarakan banyak orang yaitu pemanasan global (global warming).
           
Hujan

Hujan merupakan satu bentuk presipitasi yang berwujud cairan. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat  (misalnya salju dan hujan es) atau aerosol (seperti embun dan kabut). Hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke bumi dari awan. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. Hujan jenis ini disebut sebagai virga.
Hujan memainkan peranan penting dalam siklus hidrologi.Lembaban dari laut menguap, berubah menjadi awan, terkumpul menjadi awan mendung, lalu turun kembali ke bumi, dan akhirnya kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur ulang itu semula.
Jumlah air hujan diukur menggunakan pengukur hujan atau ombrometer. Ia dinyatakan sebagai kedalaman air yang terkumpul pada permukaan datar, dan diukur kurang lebih 0.25mm. Satuan curah hujan menurut SI adalah milimeter, yang merupakan penyingkatan dari liter per meter persegi.
Air hujan sering digambarkan sebagai berbentuk "lonjong", lebar di bawah dan menciut di atas, tetapi ini tidaklah tepat. Air hujan kecil hampir bulat. Air hujan yang besar menjadi semakin leper, seperti roti hamburger; air hujan yang lebih besar berbentuk payung terjun. Air hujan yang besar jatuh lebih cepat berbanding air hujan yang lebih kecil.
Beberapa kebudayaan telah membentuk kebencian kepada hujan dan telah menciptakan pelbagai peralatan seperti payung dan baju hujan. Banyak orang juga lebih gemar tinggal di dalam rumah pada hari hujan. Biasanya hujan memiliki kadar asam pH 6. Air hujan dengan pH di bawah 5,6 dianggap hujan asam.
Banyak orang menganggap bahwa bau yang tercium pada saat hujan dianggap wangi atau menyenangkan. Sumber dari bau ini adalah petrichor,minyak atsiri yang diproduksi oleh tumbuhan, kemudian diserap oleh batuan dan tanah, dan kemudian dilepas ke udara pada saat hujan.  

Jenis-jenis hujan
Untuk kepentingan kajian atau praktis, hujan dibedakan menurut terjadinya, ukuran butirannya, atau curah hujannya.
Jenis-jenis hujan berdasarkan terjadinya
§  Hujan siklonal, yaitu hujan yang terjadi karena udara panas yang naik disertai dengan angin berputar.
§  Hujan zenithal, yaitu hujan yang sering terjadi di daerah sekitar ekuator, akibat pertemuan Angin Pasat Timur Laut dengan Angin Pasat Tenggara. Kemudian angin tersebut naik dan membentuk gumpalan-gumpalan awan di sekitar ekuator yang berakibat awan menjadi jenuh dan turunlah hujan.
§  Hujan orografis, yaitu hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air yang bergerak horisontal. Angin tersebut naik menuju pegunungan, suhu udara menjadi dingin sehingga terjadi kondensasi. Terjadilah hujan di sekitar pegunungan.
§  Hujan frontal, yaitu hujan yang terjadi apabila massa udara yang dingin bertemu dengan massa udara yang panas. Tempat pertemuan antara kedua massa itu disebut bidang front. Karena lebih berat massa udara dingin lebih berada di bawah. Di sekitar bidang front inilah sering terjadi hujan lebat yang disebut hujan frontal.
§  Hujan muson atau hujan musiman, yaitu hujan yang terjadi karena Angin Musim (Angin Muson). Penyebab terjadinya Angin Muson adalah karena adanya pergerakan semu tahunan Matahari antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. Di Indonesia, hujan muson terjadi bulan Oktober sampai April. Sementara di kawasan Asia Timur terjadi bulan Mei sampaiAgustus. Siklus muson inilah yang menyebabkan adanya musim penghujan dan musim kemarau.

Jenis-jenis hujan berdasarkan ukuran butirnya
§  Hujan gerimis / drizzle, diameter butirannya kurang dari 0,5 mm
§  Hujan salju, terdiri dari kristal-kristal es yang suhunya berada dibawah 0° Celsius
§  Hujan batu es, curahan batu es yang turun dalam cuaca panas dari awan yang suhunya dibawah 0° Celsius
§  Hujan deras / rain, curahan air yang turun dari awan dengan suhu diatas 0° Celsius dengan diameter ±7 mm.

Jenis-jenis hujan berdasarkan besarnya curah hujan (definisi BMKG)
§  hujan sedang, 20 - 50 mm per hari
§  hujan lebat, 50-100 mm per hari
§  hujan sangat lebat, di atas 100 mm per hari
   
Hubungan Suhu Permukaan Laut dengan Curah Hujan


      
Musim hujan berkepanjangan tanpa kemarau di Indonesia pada tahun ini diperkirakan merupakan dampak dari peningkatan suhu laut yang merupakan salah satu efek dari pemanasan global. Tingginya suhu muka laut mengakibatkan  terjadi penguapan – penguapan air di permukaan laut dan membentuk awan-awan hujan dan terjadilah hujan seperti yang ditunjukan oleh gambar diatas. Selain itu tingginya suhu  permukaan laut bisa mengakibatkan terjadinya La Nina yang menyebabkan terbentuknya awan hujan. Hal tersebutlah penyebab terjadinya peningkatan curah hujan yang terjadi diberbagai daerah di Indonesia.

Daftar Pustaka      

18 komentar:

  1. Nice info !!
    Mau bertanya, sebenarnya apa yang menyebabkan hujan yang turun berbentuk salju? apakah ada hubungannya dengan suhu permukaan laut di sekitarnya?

    BalasHapus
  2. bagus materinya , soalnya yang adel tau cuma ada 1 faktor hujan sama siklusnya . adel mu nanya deh kalo di kita kan sering banget tuh ada hujan lokal , bahkan di satu daerah yang berdekatan aja ada yang hujan ada yang ga . ko bisa gitu yah ? itu ngaruh juga dari faktor lautnya ga ?
    makasih mecha :)

    BalasHapus
  3. nice info :D

    hanya ingin bertanya....apakah suhu permukaan laut itu mempengaruhi setiap biota-biota yang ada si laut?

    BalasHapus
  4. Apakah pengaruh suhu juga dapat mempengaruhi perubahan iklim?

    BalasHapus
  5. bagus infonya,sekarang jadi paham kalau hujan itu bermacam2,apalagi hujan frontal.baru tau istilahnya

    BalasHapus
  6. @marine64 :
    sepengetahuan saya hujan salju tuh terjadi karena partikel awannya tidak mencair seluruh menjadi air seperti pada hujan normalnya sehingga masih berbentuk partikel kristal,lalu pengaruh suhu permukaan laut mungkin ada karena bagaimana pun laut ikut berperan dalam terjadinya hujan

    @adelapandelapan :
    mungkin klo itu bukan pengaruh dari faktor lautnya tapi lebih pengaruh dari angin yang membawa awan hujannya sehingga terdapat daerah yang tidak mengalami hujan walaupun daerah tersebut dekat dengan daerah yang mengalami hujan

    @kuro post :
    pasti ada,karena setiap biota pasti memiliki batas toleransi terhadap suhu yang dia alami

    @iwanhaloho :
    sangat mempengaruhi karena anomali iklim yang kita alami saat ini merupakan pengaruh dari peningkatan suhu global atau yang biasa kita kenal dengan global warming

    @muhminanurrdoridorikun :
    terima kasih :D

    BalasHapus
  7. wah, kini saya tahu apa itu hujan vigra.
    thx gan

    BalasHapus
  8. nice blog nih :D
    mu nanya dikit dong, kalo suhu muka lautnya dingin pengaruhnya apa ya?
    makasiih :)

    BalasHapus
  9. @yunizar, fahmi :
    sama-sama :D

    @ikfa86 :
    klo menurut saya mungkin pengaruhnya lebih ke berkurangnya biota laut dan juga curah hujannya lebih sedikit dibanding yang lebih hangat/panas

    BalasHapus
  10. kok di cuaca panas bisa turun hujan batu es sih, mec?

    BalasHapus
  11. mau nanya dong mec,,
    kalau hujan asam sangat mempengaruhi biota di laut gak??
    pengaruhnya apa aja??

    BalasHapus
  12. @bandungjatinangor :
    bisa saja terjadi,mungkin dikarenakan saat akan membuat hujan buatan,es yang digunakan tidak cair sehingga masih berbentuk es dan mungkin dikarenakan faktor lainnya

    @faridan muchlis purdiansyah :
    sepengetahuan saya hujan asam belum pernah ada yang terjadi dilautan,namun jika menurut saya pasti akan ada pengaruhnya. karena ph hujan asam dibawah 5,6 mungkin dapat mempengaruhi salinitas laut tersebut hingga berpengaruh dengan biota yang berada didalamnya

    BalasHapus
  13. Info yang sangat bagus..

    Saya ingin bertanya sedikit mengenai dampak negatif dari meningkatnya suhu hujan dipermukaan laut yang salah satunya adalah merebaknya penyakit parasit.
    Bisa dijelaskan mengapa bisa terjadi seperti demikian??

    terima kasih

    BalasHapus
  14. apa yang terjadi bila curah hujan tinggi terhadap populasi ikan di suatu perairan?

    BalasHapus
  15. muhammad syafiq gumilang - 230210090007

    wah makasih infonya ternyata hujan ada berbagai macam, saya suka sekali hujan hehe

    BalasHapus
  16. Wah nice info sodara mecha...

    saya mau tanya donk...

    apakah pengaruhnya terhadap curah hujan jika terjadi perubahan suhu yang sangat drastis ??

    Terima Kasih

    BalasHapus
  17. bagaimana jika dikaitkan dengan global warming? apakah masih berpengaruh tehadap curah hujan?

    BalasHapus
  18. @oliverprawira :
    jika menurut pemikiran saya,mungkin hal tersebut terjadi dikarenakan virus penyakit parasit tersebut memiliki suhu tertentu untuk aktif atau berkembang biak sehingga menimbulkan penyakit parasit

    @asep irwan :
    pengaruhnya populasi ikan diperairan tersebut berkurang karena ikan bermigrasi ke perairan yang lebih hangat

    @jalasena :
    sama-sama :D

    @arie patria utama :
    jika perubahan suhunya naik maka curah hujan bertambah atau mungkin curah hujannya menjadi tidak teratur (naik - turun)

    @muhammad fajar shidiq ardiansyah :
    sangat berpengaruh karena bertambahnya suhu permukaan laut merupakan salah satu akibat dari global warming yang sedang terjadi saat ini

    BalasHapus